Ini Dia 10 Orang Terkaya Di Dunia Pada Bidang Teknologi

10 Orang Terkaya Di Dunia Pada Bidang Teknologi - Sebelumnya nyamukkurus telah membahas Orang Kaya Dari Google Adsense dan Orang Kaya Yang Bermula Dari Internet, nah kali ini (www.nyamukkurus.com) ingin membahas 10 Orang Terkaya Di Dunia Pada Bidang Teknologi Yang Paling Berpengaruh Di Bidang Teknologi. Tepat nya pada tanggal 5 Agustus 2015 Forbes merilis 100 daftar orang terkaya dunia di bidang teknologi (The Richest People in Tech). Tapi dari 100 daftar orang terkaya di dunia di bidang teknologi hanya yang ke 10 besar saja yang sangat berpengaruh di bidang teknologi saat ini.


Berikut ini adalah 10 orang terkaya dunia di bidang teknologi pada tahun 2015 versi Forbes : 


1. Bill Gates

Pada peringkat pertama masih menjadi milik Bill Gates (Pendiri Microsoft). Bill Gates yang telah berusia 59 tahun ini memiliki total kekayaan US$ 79,6 miliar atau sekitar Rp 1.114 triliun jika dirupiahkan dengan kurs Rp 14.000 per dolar.



Kekayaan Bill Gates bersumber dari penjualan sistem operasi Microsoft (perangkat lunak yang telah di pakai di seluruh dunia) dan entitas investasi bernama Cascade Investment LLC. Bill Gates juga menempati posisi pertama orang terkaya di dunia tahun 2015 dan sudah 16 kali mendapatkan predikat orang kaya di dunia dalam 21 tahun terakhir. 
 

Bagi para blogger, ternyata Bill Gates suka ngeblog di Gatesnotes.com. Di blog pribadinya tersebut, ayah dari tiga orang anak ini berbagi cerita tentang orang-orang yang ia temui, buku-buku yang ia baca, dan hal-hal yang ia pelajari.
 

2. Larry Ellison

Larry Ellison adalah pendiri Oracle, perusahaan yang bergerak di bidang sistem perangkat keras komputer, sistem manajemen database, dan aplikasi terintegrasi komputasi awan (cloud computing). Pria berusia 71 tahun ini memiliki kekayaan US$ 50 miliar. 




Larry Ellison mengakusisi Sun Microsystem, perusahaan yang mengembangkan bahasa pemograman Java, seharga US$ 7,4 miliar pada bulan april 2015. Tiga tahun kemudian, ia dan timnya di Oracale menuntut Google atas tuduhan menggunakan hak cipta dan paten dari Java pada Android.

Di luar perseteruannya dengan Google, pria yang pernah dua kali DO dari Universitas Chichago dan Universitas Illinois ini juga membuat berita heboh lainnya yaitu membeli maskapai penerbangan Island Air (maskapai yang melayani rute antarpulau di Hawaii).

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri Amazon, toko online terbesar di dunia. Pria lulusan Universitas Princeton ini memiliki kekayaan US$ 47,8 miliar. Pada Awal Agustus 2013, ia membeli The Washington Post senilai US$ 250 juta (sekitar Rp 2,5 triliun untuk kurs dolar pada saat itu). 




Banyak orang khawatir Bezos akan menggunakan surat kabar legendaris tersebut untu tujuan politik, namun hal tersebut dibantah oleh dia yang telah berusia 51 tahun ini.

Selain berbisnis toko online dan surat kabar, Jeff Bezos juga merambah bisnis ponsel pintar dengan membuat Fire Phone. Ponsel pintar yang membidik segmen pasar menengah ke atas ini bersaing dengan iPhone dan Samsung Galaxy.

4. Mark Zuckerberg

Apakah kamu punya Facebook? Kalau kamu punya Facebook apakah kamu tau siapa itu Mark Zuckerberg? Mark Zuckerber adalah Pendiri dan sekaligus CEO Facebook ini merupakan orang termuda yang masih berusia 31 tahun tapi masuk dalam daftar orang terkaya di bidang teknologi ini karena kesuksesan nya dalam mengembangkan Facebook




Mark Zuckerberg suka sekali mengenakan kaus abu-abu ini memiliki kekayaan US$41,2 miliar. Mark Zuckerberg tidak terbilang sukses karena pernah DO dari Universitas Harvard. Walaupun demikian, Mark Zuckerberg berhasil menjadikan Facebook sebagai media sosial terpopuler dengan 1,44 miliar pengguna di seluruh dunia , ia melebarkan bisnisnya dengan membeli Instagram pada awal April 2012 dengan harga US$ 1 milyar (sekitar 9,1 triliun) dan WhatsApp pada Februari 2014 dengan harga 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 223 triliun).

Tak heran, jika
Mark Zuckerberg merupakan sebagai salah satu orang paling berpengaruh ke-22 di dunia pada 2014. Mark Zuckerberg pun pernah berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Oktober 2014. Salah satu agendanya adalah meluncurkan kampanye Internet.org dan berkunjung ke candi Borobudur.
 

5. Larry Page
 

Larry Page merupakan salah satu pendiri Google. Pria yang pernah menempuh S2 di Universitas Standford ini memiliki kekayaan US$ 33,4 miliar. Larry Page mulai menjabat sebagai CEO Google pada 4 April 2011, menggantikan Eric Schmidt yang merupakan mentor bagi dia dan Sergey Brin. 



Di bawah kepemimpinannya Larry Page, Google pun semakin berkembang, tapi pada 10 Agustus 2015 Larry Page menyerahkan jabatan CEO Google kepada Sundar Pichai (Kepala Divisi Chrome dan Android Google). Alasan penyerahan jabatan ini adalah karena pria berusia 42 tahun ini menjabat CEO Alphabet, perusahaan induk Google.

Larry Page juga pernah masuk sebagai Orang Paling Berpengaruh ke-9 Dunia pada 2014.
 

6. Sergey Brin

Sergey Brin adalah rekan Larry Page dalam mendirikan Google. Sergey Brin bertemu dengan Larry Page saat kuliah S2 di Universitas Standford. Pria yang sekarang berusia 42 tahun ini memiliki kekayaan US$ 32,8 miliar.




Sergey Brin dan Larry Page adalah teman dekat atau bisa di bilang sahabat. Sergey Brin dan Larry Page terus berinovasi sehingga menjadikan Google sebagai perusahaan raksasa sekarang ini. Sergey Brin juga pernah diberitakan menyumbang Rp 4,5 miliar ke Wikipedia pada November 2011.

7. Jack Ma
 

Jack Ma adalah warga negara Tiongkok yang mendirikan situs business to bussines yakni Alibaba (e-commerce), dan menjadi yang terbesar dengan menghubungkan produsen di Tiongkok dengan dunia. Pria berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan US $23,2 miliar dan menjadi satu-satunya orang Asia yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Jack Ma menyelesaikan S1-nya di sebuah institut keguruan Hangzhou dan kemudian menjadi guru bahasa Inggris. Ketertarikannya akan dunia internet mulai terjadi ketika ia diperlihatkan Yahoo oleh seorang temannya. Jack Ma menggunakan search engine tersebut untuk mencari kata beer.




Setelah itu, Jack Ma semakin tertarik pada dunia Internet dan komputer. Ia pun meminjam uang sebesar US$ 2.000 untuk mendirikan perusahaan komputer. Ia mengaku tidak mengerti tentang komputer dan surat elektronik (email) saat mendirikan perusahaan tersebut. Singkat cerita, perusahaan tersebut sukses dan diberi tambahan modal oleh sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di negeri Tirai Bambu tersebut.

Sayangnya, Jack Ma tidak merasa nyaman di perusahaan tersebut karena ide-ide bisnisnya selalu ditolak dewan direksi. Ia pun keluar dan mulai membangun Alibaba.com pada 4 April 1999. Banyak kendala dan tantangan yang menghadang Jack Ma saat mengembangkan situs tersebut sampai sesukses sekarang ini.

8. Steve Ballmer

Steve Ballmer merupakan mantan CEO Microsoft yang memiliki kekayaan US$ 22,7 miliar. Ia memimpin Microsoft dari Januari 2010 sampai Februari 2014. Meskipun ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Agustus 2013, namun Microsoft baru mendapatkan penggantinya pada Februari 2014, yaitu Satya Nadella.




Setelah mundur sebagai CEO Microsoft, pria berusia 59 tahun ini kembali mundur dari Dewan Direksi Microsoft pada 19 Agustus 2014. Pengunduran diri tersebut disebabkan kesibukan Steve sebagai pemilik LA Clippers. Steve membeli klub basket ini senilai Rp 23 triliun, rekor tertinggi dalam sejarah pembelian klub NBA.

9. Laurene Powell Jobs

Laurene Powell Jobs adalah isteri mendiang Steve Jobs (Pendiri Apple). Wanita yang berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 21,4 miliar. Kekayaan tersebut diperoleh dari warisan suaminya saat memimpin Apple dan saham Disney yang ia miliki sendiri.




Laurene Powell Jobs dikenal sebagai miliuner yang dermawan. Ibu dari tiga orang anak ini  mendapatkan gelar S2-nya dari Standford Graduate School of Business ini memiliki organisasi nirlaba untuk membantu anak miskin tetap sekolah hingga ke perguruan tinggi.

Selain itu, ia juga memiliki Yayasan Emerson Collective yang memberikan sumbangan sosial kepada pemimpin pendidikan dan wirausaha.

10. Michael Dell


Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell yang memiliki kekayaan US$ 19,4 miliar. Ayah dari empat orang anak ini pernah DO dari Universitas Texas. Meskipun demikian, ia memiliki niat bisnis yang kuat sehingga mampu menjadikan Dell sebagai salah satu perusahaan sukses di bidang pembuatan komputer.




Michael Dell juga dikenal sebagai seorang dermawan. Pria yang sekarang berusia 50 tahun ini memiliki yayasan amal untuk membantu anak-anak miskin di kotanya. Selain itu, yayasan ini juga pernah memberikan bantuan US$ 50 juta ke sekolah kedokteran baru di Universitas Texas. 


NYAMUKKURUS

1 Response to "Ini Dia 10 Orang Terkaya Di Dunia Pada Bidang Teknologi"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " INI DIA 10 ORANG TERKAYA DI DUNIA PADA BIDANG TEKNOLOGI " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete