Cara Mengatasi Baterai Laptop Atau Netbook Yang Tidak Bisa Terisi Penuh

Cara Mengatasi Baterai Laptop Atau Netbook Yang Tidak Bisa Terisi Penuh

Cara Mengatasi Baterai Laptop Atau Netbook Yang Tidak Bisa Terisi Penuh - Pernahkah kamu mengalami baterai laptop/netbook yang tidak terisi penuh padahal sudah dicas dengan lama sekali, atau kadang hanya berhenti pada batas tertentu seperti berhenti pada 56% atau 77% atau 88% atau 93% ataupun 95%.

Jika kamu pernah mengalami hal seperti itu berarti kamu mengalami hal serupa seperti yang saya pernah rasakan yaitu baterai/batre pada netbook Asus eeePC saya tidak bisa terisi penuh selama beberapa hari yang membuat saya tidak bisa bermain lama di depan netbook saya dan hanya bisa terisi sampai 93% dan kadang kadang bisa terisi 95%.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Bisa Terisi Penuh :


Pertama : kalian harus mengetahui terlebih dahulu penyebab nya.

Penyebab baterai tidak mampu untuk Penuh (Battery Not Fully Charged), biasa nya terjadi beberapa faktor yang mempengaruhi baterai laptop/netbook kamu tidak bisa penuh :

Faktor atau Penyebab baterai laptop tidak mau terisi penuh yang pertama :

- Critical Battery Level yang terlalu rendah, biasa nya pada laptop/netbook pengaturan nya hanya 5% yang dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, yang kamu harus lakukan adalah aturlah minimal 10%.

Cara mengubah nilai/persen pada Critical Battery Level pada Windows 7 dengan cara :

- Klik Tombol Start/Windows yang berada pada paling bawah di paling pojok kiri.
- Kemudian Klik Control Panel >>> Security >>> Power Options >>>

Pilihlah pilihan yang sedang kamu pakai misal nya ada 2 pilihan yaitu :

Balanced (Recommended)                                                               Change Plan Setting

Power Saver                                                                                     Change Plan Setting

Pilihlah yang sedang kamu pakai, misal nya Balanced kemudian klik "Change Plan Setting", kemudian klik "Change Advanced Power Setting" lalu klik (+) pada pilihan Battery yang berada di  urutan ke 2 di bawah, >>> klik Low Battery Level dan aturlah sesuai keinginan kamu,kalau saya sih pada On Batery 10% dan pada Plugged in 10%.>>> lalu klik Critical Battery Level dan aturlah sesuai keperluan atau keinginan kamu, kalau saya pada On battery 10% dan plugged in 10%.

Faktor atau penyebab baterai laptop tidak mau terisi penuh yang kedua :

- Gangguan Listrik yang tidak stabil, sering nya mati lampu pada daerah tempat tinggal anda, yang membuat ketahanan pada baterai menjadi cepat menurun dikarenakan pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga menimbulkan baterai mengalami malfungsi atau gangguan fungsi.

Faktor atau penyebab baterai laptop tidak mau terisi penuh yang ketiga :

- Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai, jangan diulangi lagi kebiasaan seperti ini karena laptop mempunyai counter limit penggunaan beberapa kali melakukan charge/pengecasan pada laptop/netbook.

Solusi Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Kunjung Penuh :

1. Ubahlah Critical Battery Action menjadi Hibernate, saat baterai sudah habis, secara otomatis laptop/netbook akan melakukan hibernasi dan data data kita akan aman dan tersimpan.

2. Ubah Nilai Critical Battery Level di atas 5%, dan low battery  level menjadi 10%.

3. Biasakanlah kamu untuk mengecas langsung sebelum benar benar mati dengan sendirinya, hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai.

4. kemudian lakukanlah pengecasan pada keadaan batery pada keadaan terisi penuh, hal ini bisa kita lakukan pengecasan berjam-jam maupun sampai 5 jam. Tenang saja, baterai tidak akan hangus ataupun terbakar, karena baterai pada zaman sekarang sudah dilengkapi oleh teknologi sehingga saat baterai penuh maka proses mengecash/charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. Lakukan hal ini secara rutin, hal ini bisa menambah persentase batery 1% atau lebih setiap hari nya, jadi agar batery kita kembali normal menjadi 100% kembali, kita bisa lakukan berulang kali.

Demikianlah cara mengatasi baterai laptop yang tidak bisa terisi penuh, semoga dapat bermanfaat.

NYAMUKKURUS

10 Responses to "Cara Mengatasi Baterai Laptop Atau Netbook Yang Tidak Bisa Terisi Penuh"

  1. gan, kalo udh 100% trus kan ngurang lagi, kok gabisa jd 100% normal lagi ya ?

    ReplyDelete
  2. Sy sama kyk mas Giffari Rifki.Baterai sy kan mentok di 89%. Sy sudah coba cara pertama yg di charge 5 jam bisa mengembalikan baterai 1% tapi tidak berhasil masih tetap 89%.

    ReplyDelete
  3. Punya saya juga gan mandek di 86%..

    ReplyDelete
  4. punya saya di cas mentok di 88% dan 91% padahal ngecas dengan waktu yang lama..

    ReplyDelete
  5. Mentok di 95% trus klo dicas kelamaan indikator baterainya kedip"

    ReplyDelete
  6. Punya saya berhenti di 87% sudah coba cara diatas tapi tidak nambah 1% dan malah kalau kelamaan charger indikator batreinya kedip kedip >„<

    ReplyDelete
  7. Punya saya juga seperti itu mentok di 85% dan di charger terlalu lama jadi kedap kedip indikator batrai nya,dan saya udh coba cara tersebut ga berhasil

    ReplyDelete
  8. Saya charge beli baru, tapi notebook saya pas dicharge gk gak penuh2. Gak sampe 100% Full Charged. Solusinya Dong.

    ReplyDelete
  9. klo batari sya 0%.udh 2 harian di cas gc mau betambah..gi mana solusinya gan

    ReplyDelete